Kamis, 18 Mei 2017

Mengenal LED Wi-Fi

Assalamualaikum wr.wb

Selamat siang..semoga selalu sehat.

Nah, tak perlu lama-lama. Kali ini saya akan mengenalkan tentang LED Wi-Fi. Apa sih itu ?

Apa itu Smart Light LED Wi-Fi ?

Smart Light LED Wi-Fi adalah sebuah teknologi nirkabel yang dikembangkan untuk mengirimkan data melalui perantara cahaya. Nantinya cahaya dari sinar lampu yang dipancarkan dari LED akan menggantikan teknologi sinyal radio yang digunakan untuk menjadi jalur Wi-Fi. Teknologi ini dianggap lebih aman daripada teknologi jaringan saat ini. Hal ini disebabkan karena cahaya putih dari lampu putih dari lampu dapat menembus permukaan seperti dinding, sehingga dapat mengurangi risiko penyadapan atau pencurian data. Lampu LED juga mengonsumsi energi yang jauh lebih sedikit daripada teknologi sebelumnya, hal ini memberikan ruang untuk mengembangkan jaringan komunikasi hemat biaya nergi dan mengurangi emisi karbon dalam jangka panjang. 

Sejarah 

Smart Light LED Wi-Fi pertama kali dikembangkan oleh ilmuwan di Boston University College of Engineering pada tahun 2008, Renssealer Polytechnic Intitute di Troy, NY dan University of New Mexico juga ikut berpartisipasi dalam proyek ini, dibawah bantuan National Science Foundation. Penelitian ini dipimpin oleh Prof. Thomas Little ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi komunikasi optik yang akan membuat lampu LED setara dengan jalur akses Wi-Fi.

Spesifikasi dan Cara Kerja

Smart Light LED Wi-Fi sudah memiliki prototype yang terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama terdiri dari 9 buah komponen lampu LED putih dengan tingkat kecerahan yang tinggi yang berfungsi untuk mentransmisikan data. Bagian kedua terdiri dari  buah diode foto yang berfungsi untuk menerima sinyal dan mengubahnya menjadi sinyal elektronik. Prototype ini menghasilkan sinyal dari proses kerja lampu lED yang dimodulasi pada frekuensi tertentu yang memungkinkan untuk mentransfer data berkecepatan tinggi. Setiap papan pada prototype dapat mengirimkan sinyal ke perangkat elektronik dan dihubungkan dengan USB kabel. Kemampuan mengubah frekuensi modulasi lampu LED on dan off adalah kunci dari teknologi ini. Cahaya LED yang berkedip-kedip dalam suatu pola tertentu memungkinkan transmisi data tanpa ada perubahan nyata dalam pencahayaan ruangan. 

Sekian mengenai Smart Light LED Wi-Fi. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:
Write komentar